Home / Berita

Guru dan Peserta Didik SMK Negeri 1 Sampit Memperluas Wawasan Kewirausahaan Melalui Field Trip ke PT. Rimba Makmur Utama (Mentaya Sweet)

SMK Negeri 1 Sampit - Sebagai upaya untuk memberikan pengalaman langsung kepada para peserta didik dalam dunia kewirausahaan, SMK Negeri 1 Sampit mengadakan Field Trip/Kunjungan Industri ke PT. Rimba Makmur Utama (Mentaya Sweet), sebuah Perusahaan Perintis Solusi Berbasis Alam yang bertujuan pada pembangunan ekonomi berkelanjutan melalui restorasi ekosistem hingga praktik bisnis & gaya hidup yang ramah lingkungan. Kegiatan ini melibatkan guru-guru bidang kewirausahaan dan peserta didik kelas XII, yang tengah menjalani program pembelajaran berbasis kewirausahaan. PT. Rimba Makmur Utama/Mentaya Sweet dipilih sebagai destinasi field trip karena perusahaan ini tidak hanya fokus pada produksi, tetapi juga menekankan prinsip-prinsip keberlanjutan dan pelestarian sumber daya alam.



Para peserta didik diberikan kesempatan untuk mengamati proses produk-produk yang di olah oleh Mentaya Sweet seperti Gula Kelapa Kristal, Granola, Minyak VCO, Olahan Nanas, dan Olahan Kacang Mete dengan Berbagai varian rasa. Mereka belajar bagaimana perusahaan tersebut mengintegrasikan teknologi canggih untuk memastikan efisiensi dan kehigienisan dalam produksi sekaligus mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Selama kunjungan, peserta didik juga berkesempatan untuk berdialog langsung dengan para profesional di PT. Rimba Makmur Utama/Mentaya Sweet. Mereka dapat bertanya tentang prospek industri berbasis alam dan ramah lingkungan, tantangan yang dihadapi, dan bagaimana keberlanjutan diintegrasikan ke dalam aspek-aspek bisnis perusahaan.



Ibu Suwarti Adiningsih, SE, salah satu Guru Kewirausahaan yang ikut mendampingi peserta didik, menyampaikan, "Kunjungan Industri ini tidak hanya memberikan wawasan bisnis kepada peserta didik, tetapi juga mengajarkan mereka pentingnya mempertimbangkan dampak lingkungan dalam menjalankan suatu usaha." senada dengan bu Suwarti, Ibu Yuli Triswanti, SE., MM.,  juga menyampaikan rasa senang tentang kegiatan kunjungan industri ini, karena peserta didik diberikan kesempatan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang betapa pentingnya menjalankan usaha secara berkelanjutan dan ramah lingkungan."



Field trip ini diharapkan tidak hanya meningkatkan pemahaman para peserta didik tentang dunia kewirausahaan, tetapi juga memicu semangat mereka untuk berwirausaha dengan memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan. SMK Negeri 1 Sampit berharap bahwa langkah-langkah positif ini dapat menjadi inspirasi bagi para peserta didik untuk terlibat dalam bisnis yang berkelanjutan di masa depan.





Jumat, 17 November 2023
: Admin (Gusti)
: 255474 kali


Berita Lainnya

 

Dewi Arsyifa Rahma dari SMKN 1 Sampit Raih Juara 3 Lomba Duta Baca Tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur

Sampit, 15 Juli 2024 – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh siswa SMKN 1 Sampit. Kali ini dari siswi bernama Dewi Arsyifa Rahma (XII AK 1) yang mewakili sekolah tersebut, berhasil meraih juara 3 dalam Lomba Duta Baca Tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur. Ajang bergengsi ini diikuti oleh tujuh sekolah dari berbagai wilayah di kabupaten tersebut. Lomba Duta Baca ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan minat baca dan literasi di kalangan pelajar. Dewi Arsyifa Rahma menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam berbagai aspek yang dinilai, termasuk kemampuan berbicara di depan umum, pengetahuan literatur, dan kemampuan analisis. Kompetisi ini juga harapkan dapat memotivasi para pelajar untuk lebih mencintai buku dan meningkatkan budaya membaca di kalangan mereka. Dengan prestasi yang diraih oleh Dewi, SMKN 1 Sampit semakin menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu sekolah unggulan di Kabupaten Kotawaringin Timur. Selamat kepada Dewi Arsyifa Rahma dan seluruh pihak yang telah mendukung keberhasilannya. Semoga prestasi ini menjadi awal dari banyak prestasi lainnya di masa depan.

Senin, 15 Juli 2024
: TIM Jurnalis (Rizky Nv)
: 22770 kali
 

SMKN 1 Sampit Gelar Upacara Bendera, Pelepasan PKL, dan Pengukuhan Anggota Pramuka dan PMR dengan Penuh Semangat dan Kebanggaan

SMKN 1 Sampit menggelar upacara bendera sekaligus upacara pelepasan peserta Praktik Kerja Lapangan (PKL) tahap I tahun ajaran 2024/2025. Upacara ini diadakan di halaman sekolah pada tanggal 15 Juli 2024 dan dihadiri oleh seluruh siswa, guru, dan staf sekolah.   Acara dimulai dengan pelaksanaan upacara bendera yang dipimpin oleh Kepala SMKN 1 Sampit, Bapak Suwandi, S.Pd. Dalam amanatnya, beliau menyampaikan pesan-pesan penting mengenai kedisiplinan, semangat belajar, dan pentingnya menjaga nama baik sekolah selama menjalani PKL.   Setelah upacara bendera, dilanjutkan dengan prosesi pelepasan peserta PKL tahap I yang akan dilaksanakan mulai tanggal 16 Juli hingga 2 Desember 2024. Peserta PKL diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan di sekolah dalam dunia kerja serta meningkatkan keterampilan dan pengalaman mereka.   Selain itu, dalam acara tersebut juga diadakan pengukuhan anggota Pramuka dan Palang Merah Remaja (PMR) SMKN 1 Sampit. Pengukuhan ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan pengakuan atas dedikasi para anggota dalam mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler serta kontribusi mereka dalam mendukung kegiatan sekolah.   Dalam sambutannya, Bapak Suwandi, S.Pd. menyampaikan ucapan selamat kepada peserta PKL serta anggota Pramuka dan PMR yang baru dikukuhkan. Beliau berharap agar semua peserta dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka dengan baik serta terus menjaga semangat dan integritas sebagai siswa SMKN 1 Sampit.

Senin, 15 Juli 2024
: TIM Jurnalis (Rizky Nv)
: 32190 kali
 

Penutupan MPLS SMKN 1 Sampit: Membangun Generasi Berkarakter, Kreatif, dan Berwawasan Global

SMKN 1 Sampit menutup rangkaian kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dengan sukses, mengusung tema Melalui Kegiatan MPLS Kita Bangun Generasi yang Berkarakter, Kreatif dan Berwawasan Global demi Terwujudnya Profil Pelajar Pancasila . Kegiatan MPLS yang berlangsung dari 8 hingga 10 Juli 2024 ini diisi dengan berbagai aktivitas yang bertujuan membentuk karakter dan wawasan siswa baru.   Pada hari terakhir, peserta MPLS mengikuti penyuluhan HIV/AIDS untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan dan pentingnya pencegahan penyakit. Selain itu, diadakan lomba yel-yel yang memicu semangat dan kreativitas siswa, serta deklarasi bersama terkait anti bullying dan stop kekerasan di sekolah, yang menegaskan komitmen seluruh siswa untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan positif.   Kegiatan penutupan ini ditandai dengan sambutan dan penutupan resmi oleh Kepala SMKN 1 Sampit, Suwandi, S.Pd. yang menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia dan peserta yang telah berpartisipasi aktif dalam seluruh rangkaian kegiatan.    Dengan berakhirnya kegiatan MPLS ini, diharapkan seluruh siswa baru SMKN 1 Sampit siap memulai tahun ajaran baru dengan semangat dan komitmen tinggi untuk belajar dan berkarya.

Rabu, 10 Juli 2024
: TIM Jurnalis (Rizky Nv)
: 118649 kali
 

Melalui Kegiatan MPLS Kita Bangun Generasi yang Berkarakter, Kreatif, dan Berwawasan Global demi Terwujudnya Profil Pelajar Pancasila

SMKN 1 Sampit mengadakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dengan tema Melalui Kegiatan MPLS Kita Bangun Generasi yang Berkarakter, Kreatif dan Berwawasan Global Demi Terwujudnya Profil Pelajar Pancasila . Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 8 hingga 10 Juli 2024. Kegiatan MPLS dibuka secara resmi oleh Kepala SMKN 1 Sampit, Suwandi, S.Pd. Dalam sambutannya, pentingnya MPLS dalam membentuk karakter siswa baru agar siap menghadapi tantangan di masa depan. Melalui kegiatan MPLS ini, kami berharap dapat membangun generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga berkarakter, kreatif, dan memiliki wawasan global. Hal ini sejalan dengan visi kita untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila. MPLS tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan siswa baru kepada lingkungan sekolah, nilai-nilai kebangsaan, serta keterampilan dan pengetahuan yang akan menunjang proses belajar mengajar mereka ke depannya. Selain itu, para siswa juga diberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan guru dan senior mereka, sehingga dapat membangun hubungan yang positif dan mendukung. Kegiatan MPLS di SMKN 1 Sampit diharapkan dapat memberikan bekal yang kuat bagi para siswa baru dalam menjalani masa pendidikan di sekolah ini. Dengan semangat yang tinggi dan dukungan dari seluruh pihak, SMKN 1 Sampit siap mencetak generasi muda yang siap menghadapi tantangan global dan menjadi pelajar yang berkarakter serta berprestasi.

Senin, 08 Juli 2024
: TIM Jurnalis (Rizky Nv)
: 212088 kali
 

Para Juara 1 FLS2N Kotim Tahun 2024 dari SMKN 1 Sampit Berangkat ke FLS2N Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah

Sampit, Kotawaringin Timur - Hari ini, 25 Juni 2024, merupakan hari yang bersejarah bagi SMK Negeri 1 Sampit. Para siswa yang telah meraih Juara 1 dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur resmi berangkat untuk mengikuti kompetisi di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Prestasi ini membawa kebanggaan tersendiri bagi sekolah dan seluruh masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur. Ahmad Setiawan, siswa kelas XI DKV 2, yang meraih Juara 1 dalam Lomba Solo Vocal, siap bersaing di tingkat provinsi dengan dukungan penuh dari pendampingnya, Sugeng Haryono, S.Pd, MM. Ahmad akan membawa bakat vokalnya untuk bersaing dengan siswa-siswa terbaik dari berbagai daerah di Kalimantan Tengah. Jefry Fransisco Varen, siswa kelas X PPLG 2, juga berangkat hari ini untuk mengikuti Lomba Gitar Klasik tingkat Provinsi. Dengan bimbingan dari Dwi Rahayu Septi Ningsih, S.Pd, Jefry diharapkan dapat mengulang kesuksesannya dan mengharumkan nama sekolah di ajang provinsi. Selain itu, Danang Elsa Yulianto dari kelas X DKV 2, yang memenangkan Juara 1 dalam Lomba Seni Kriya, turut berangkat menuju provinsi bersama pendampingnya, Sintha Harra, S.Pd. Dengan karyanya yang kreatif dan inovatif, Danang siap bersaing dan menunjukkan keterampilan seni kriya yang telah ia kuasai. Kepala SMK Negeri 1 Sampit, Bapak Suwandi, S.Pd, menyampaikan harapannya kepada para siswa yang berangkat ke tingkat provinsi. Kami sangat bangga dengan pencapaian kalian dan yakin bahwa kalian akan memberikan yang terbaik di tingkat provinsi. Ingatlah bahwa ini bukan hanya tentang kemenangan, tetapi juga tentang pengalaman dan pembelajaran yang berharga. Kami semua di sini mendukung dan mendoakan kalian. Keberangkatan para juara ini tidak hanya menjadi momen penting bagi para siswa dan sekolah, tetapi juga menjadi inspirasi bagi seluruh komunitas pendidikan di Kabupaten Kotawaringin Timur. Semoga prestasi gemilang ini dapat terus berlanjut dan membawa nama baik SMK Negeri 1 Sampit di tingkat yang lebih tinggi.

Selasa, 25 Juni 2024
: TIM Jurnalis (Rizky Nv)
: 464931 kali
 

Kegiatan Kemah Pelantikan Bantara Ambalan Hang Tuah-Malahayati Gugus Depan 269-270 Pemuda Praja Mentaya SMK Negeri 1 Sampit

Ambalan Hang Tuah-Malahayati Gugus Depan 269-270 Pemuda Praja Mentaya SMK Negeri 1 Sampit sukses menggelar kegiatan Kemah Pelantikan Bantara pada tanggal 21 hingga 23 Juni 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 79 peserta, terdiri dari 50 anggota Bantara dan 29 anggota Laksana.   Pembina Pramuka, Ibu Wardatul Hasanah, S.Pd, menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengukuhkan status anggota Pramuka menjadi Bantara, serta membekali mereka dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam kepramukaan. Selama tiga hari, para peserta mengikuti berbagai kegiatan yang meliputi materi kepemimpinan, keterampilan kepramukaan, serta kegiatan sosial yang bertujuan untuk meningkatkan solidaritas dan kerja sama antar anggota.   “Kegiatan ini sangat penting untuk membentuk karakter dan mental para anggota Pramuka. Dengan pelatihan dan pembekalan yang diberikan, diharapkan mereka bisa menjadi contoh dan pemimpin yang baik di lingkungan sekolah dan masyarakat,” ujar Ibu Wardatul Hasanah.   Kegiatan ini dimulai pada hari Jumat dengan check-in peserta dan upacara pembukaan di Lapangan SMK Negeri 1 Sampit. Kegiatan dilanjutkan dengan berbagai aktivitas seperti pelatihan bivak, TKK menyanyi, dan TKK juru gambar. Malam harinya, peserta mengikuti upacara api unggun dan kegiatan keagamaan.   Pada hari Sabtu, peserta mengikuti TKK juru masak, pengembaraan, dan sesi survive (masak rimba) yang dipandu oleh Ka Febri. Kegiatan hari itu ditutup dengan pentas seni daerah dan materi yang disampaikan oleh Kak Riyan.   Pada hari Minggu, kegiatan diawali dengan senam pagi, diikuti oleh persiapan upacara penutupan. Kegiatan ini ditutup secara resmi oleh Kepala SMK Negeri 1 Sampit, Bapak Suwandi, S.Pd, yang menyampaikan apresiasi dan harapannya agar para anggota yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka dengan baik, serta terus mengembangkan diri dalam berbagai aspek kehidupan.   Dengan berakhirnya Kemah Pelantikan Bantara ini, diharapkan para anggota yang baru dilantik dapat menjadi teladan dan memberikan kontribusi positif bagi sekolah, lingkungan, dan masyarakat luas.

Minggu, 23 Juni 2024
: TIM Jurnalis (Rizky Nv)
: 546715 kali
Berita Selengkapnya