Pembukaan Perkemahan Bantara SMK Negeri 1 Sampit

Sampit- Gerakan Pramuka  sebagai salah satu wadah pembinaan dan senantiasa berupaya untuk meningkatkan kualitas materi pendidikan kepramukaan bagi para anggotanya. Gerakan pramuka di setiap sekolah seharusnya mampu memberikan pengalaman yang menarik dan bermanfaat bagi peserta didik sehingga mereka dapat belajar dari setiap kegiatan yang pernah dilaksanakan di ambalannya. Suatu kegiatan yang hendaknya bersifat menarik, menyenangkan, teratur, terarah dan praktis dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan yang sasaran akhirnya adalah pembentukan watak  atau karakter. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan pada pembukaan jumat (07/09/2018) pukul 15.00 WIB (sore) oleh gugus depan 269270 Pemuda Praja Mentaya SMK Negeri 1 Sampit, dalam rangka perkemahan Bantara.

Seperti yang dijelaskan Sugeng, bahwa kegiatan upacara  di ikuti 21 peserta terdiri dari 11 putri dan 10 putri, kemah bantara adalah sebuah kemah yang di lakukan untuk mendapatkan atribut bantara yang di letakan pada pundak kanan dan di kiri masing-masing peserta bantara di peroleh melalui ujian yaitu ujian SKU (syarat kecakapan umum) yang di lakukan secara bertahap dan berjenjang ketika sudah memenuhi syarat untuk mengikuti ujian bantara maka siswa tersebut ujian dan selanjutnya melakukan perkemahan dan nanti akan ditetapkan apakah berhak mendapatkan atau tidak.

selanjutnya dia menjelaskan kemah Bantara ini di laksanakan selama dua hari mulai dari hari jumat dan berakhir besok pada hari sabtu. upacara bantara ini selain untuk memenuhi syarat sebagai menerima bantara juga sebagai wujud kebersamaan antar anggota pramuka terutama di Gugus Depan 269270 Pemuda Praja Mentaya SMK Negeri 1 Sampit untuk sore ini saya selaku insfektur upacara menggantikan ibu saidah andam dewi selaku pembina upacara yang berhalangan hadir pada kegiatan sore hari ini dan kegiatan akan di tutup pada hari besok kurang lebih jam 3 sore. upacara pembukaan di ikuti kurang lebih 60 orang terdiri dari calon anggota penegak kelas X (sepuluh), pelatih dari luar ada dua setiap tahun ka Ryan sama ka Anita dan sebagian pembina Bu saidah andam dewi. pada upacara pembukaan ini juga mengundang senior atau dari purna anggota Dapraya. tutupnya (an)


Komentar