Rekayasa Perangkat Lunak
Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah salah satu kompetensi keahlian dalam bidang Teknologi Komputer dan Informatika yang secara khusus mempelajari tentang pemrograman komputer. Lulusan RPL dewasa ini sangat dibutuhkan untuk menjawab banyaknya kebutuhan industri bagi ketersediaan tenaga Teknisi dalam bidang pengembangan software. Beberapa ruang lingkup pekerjaan di bidang RPL adalah Software Developer, Game Development, Software Tester, Software Engineering , Software Analis dan Integrator, Konsultan IT dan Programmer.
RPL adalah singkatan dari Rekayasa Perangkat Lunak dan merupakan sebuah jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). RPL adalah sebuah jurusan yang mempelajari dan mendalami semua cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
Bidang keahian : teknologi informasi dan komunikasi
Program keahlian : teknik komputer dan informatika
Paket keahlian : rekayasa perangkat lunak
MATA PELAJARAN |
KELAS |
||||||
X |
XI |
XII |
|||||
1 |
2 |
1 |
2 |
1 |
2 |
||
Kelompok A |
|||||||
1 |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
2 |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
3 |
Bahasa Indonesia |
3 |
3 |
3 |
3 |
2 |
2 |
4 |
Matematika |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
5 |
Sejarah Indonesia |
2 |
2 |
2 |
2 |
– |
– |
6 |
Bahasa Inggris |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
Kelompok B |
|||||||
7 |
Seni Budaya |
3 |
3 |
– |
– |
– |
– |
8 |
Kewirausahaan |
– |
– |
2 |
2 |
2 |
2 |
9 |
Pendidikan Jasmani, Olah Raga & Kesehatan |
2 |
2 |
2 |
2 |
– |
– |
Jumlah A Dan B |
22 |
22 |
21 |
21 |
16 |
16 |
|
Kelompok C (Peminatan) |
|||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian |
|||||||
10 |
Simulasi Digital |
3 |
3 |
– |
– |
– |
– |
11 |
Fisika |
4 |
4 |
– |
– |
– |
– |
12 |
Sistem Komputer |
4 |
4 |
– |
– |
– |
– |
C2. Dasar Program Keahlian |
|||||||
13 |
Komputer dan Jaringan Dasar |
4 |
4 |
– |
– |
– |
– |
14 |
Pemrograman Dasar |
7 |
7 |
– |
– |
– |
– |
15 |
Dasar Desain Grafis |
4 |
4 |
– |
– |
– |
– |
C3. Paket Keahlian |
|||||||
16 |
Pemodelan Perangkat Lunak |
– |
– |
3 |
3 |
2 |
2 |
17 |
Basis Data |
– |
– |
6 |
6 |
6 |
6 |
18 |
Pemrograman Berorientasi Obyek |
– |
– |
6 |
6 |
8 |
8 |
19 |
Pemrograman Web dan Mobile |
– |
– |
8 |
8 |
8 |
8 |
20 |
Pengembangan Produk Kreatif |
– |
– |
4 |
4 |
8 |
8 |
Jumlah C1, C2 Dan C3 |
26 |
26 |
27 |
27 |
32 |
32 |
|
TOTAL |
48 |
48 |
48 |
48 |
48 |
48 |
Halaman Lainnya
Multimedia
Kompetensi Keahlian Multimedia adalah salah satu kompetensi keahlian di sekolah menengah kejuruan (SMK) yang mendidik para siswanya untuk menjadi tenaga muda ahli di bidang multimedia.
Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
Berikut ini Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor : 130/D/KEP/KR/201 Ta
Bisnis Daring dan Pemasaran
PROFIL KOMPETENSI KEAHLIAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN Visi Terwujudnya Kompetensi Keahlian yang menghasilkan Sumber Daya Manusia berkarakter, kompeten dan peduli terhadap
Akuntansi dan Keuangan Lembaga
Visi Kompetensi Keahlian Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Menghasilkan lulusan untuk menjadi tenaga kerja akuntansi tingkat menengah yang mumpuni, sanggup mengerjakan pembuk