Multimedia
Kompetensi Keahlian Multimedia adalah salah satu kompetensi keahlian di sekolah menengah kejuruan (SMK) yang mendidik para siswanya untuk menjadi tenaga muda ahli di bidang multimedia. Multimedia merupakan kombinasi teks, seni,animasi, gambar dengan dilengkapi audio video yang di komunikasikan /disampaikan baik melalui computer atau peralatan manipulasi elektronik dan digital lain(Vaughan, 2006).
Struktur Kurikulum 2013 Revisi (Tahun 2018)
Peraturan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 07/D.D5/KK/2018 Tanggal : 7 Juni 2018 Tentang Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)
Bidang Studi Keahlian : Teknologi Informasi dan komunikasi
Program Studi Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Multimedia
MATA PELAJARAN |
KELAS |
||||||
X |
XI |
XII |
|||||
1 |
2 |
1 |
2 |
1 |
2 |
||
A. Muatan Nasional |
|||||||
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
3. |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
3 |
3 |
2 |
2 |
4. |
Matematika |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
5. |
Sejarah Indonesia |
3 |
3 |
– |
– |
– |
– |
6. |
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) |
3 |
3 |
3 |
3 |
4 |
4 |
Jumlah A |
19 |
19 |
15 |
15 |
15 |
15 |
|
B. Muatan Kewilayahan |
|||||||
1. |
Seni Budaya |
3 |
3 |
– |
– |
– |
– |
2. |
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
2 |
2 |
2 |
2 |
– |
– |
Jumlah B |
5 |
5 |
2 |
2 |
– |
– |
|
C. Muatan Peminatan Kejuruan |
|||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian |
|||||||
1. |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
3 |
3 |
– |
– |
– |
– |
2. |
Fisika |
3 |
3 |
– |
– |
– |
– |
3. |
Kimia |
3 |
3 |
– |
– |
– |
– |
C2. Dasar Program Keahlian |
|||||||
1. |
Sistem Komputer |
2 |
2 |
– |
– |
– |
– |
2. |
Komputer dan Jaringan Dasar |
5 |
5 |
– |
– |
– |
– |
3. |
Pemrograman Dasar |
3 |
5 |
– |
– |
– |
– |
4. |
Dasar Desain Grafis |
3 |
3 |
– |
– |
– |
– |
C3. Kompetensi Keahlian |
|||||||
1. |
Desain Grafis Percetakan |
– |
– |
12 |
12 |
– |
– |
2. |
Desain Media Interaktif |
– |
– |
– |
– |
13 |
13 |
3. |
Animasi 2D dan 3D |
– |
– |
12 |
12 |
– |
– |
4. |
Teknik Pengolahan Audio dan Video |
– |
– |
– |
– |
12 |
12 |
5. |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
– |
– |
7 |
7 |
8 |
8 |
Jumlah C |
22 |
22 |
31 |
31 |
33 |
33 |
|
Total |
46 |
46 |
48 |
48 |
48 |
48 |
Halaman Lainnya
Rekayasa Perangkat Lunak
Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah salah satu kompetensi keahlian dalam bidang Teknologi Komputer dan Informatika yang secara khusus mempelajari tentang pemrograman
Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
Berikut ini Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor : 130/D/KEP/KR/201 Ta
Bisnis Daring dan Pemasaran
PROFIL KOMPETENSI KEAHLIAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN Visi Terwujudnya Kompetensi Keahlian yang menghasilkan Sumber Daya Manusia berkarakter, kompeten dan peduli terhadap
Akuntansi dan Keuangan Lembaga
Visi Kompetensi Keahlian Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Menghasilkan lulusan untuk menjadi tenaga kerja akuntansi tingkat menengah yang mumpuni, sanggup mengerjakan pembuk